MANFAAT TAOGE DAN RESIKONYA

Sayuran taoge yang berukuran kecil ini biasanya di saji dengan sebagai berbagai pelengkap makanan. Manfaat taoge bagi kesehatan tentunya sangat banyak apa lagi untuk mengurangi kadar gula dan sistem pencernaan. Tapi untuk mendapatkan manfaat dari taoge tersebut kalian harus mengolahnya dengan benar untuk menghindari resiko terjadinya kontaminasi.

Taoge merupakan tumbuhan muda yang baru berkembang dari tahap embruinik, pada umumnya ukuran taoge hanya mencapai 2-5cm saja dan jenis taoge ini juga berbeda-beda namun untuk kandungan nutrisinya tetap sama.

Tetapi taoge yang kita kenal memiliki manfaat kalian juga harus berhati-hati karena taoge juga memiliki resiko yang bisa menyebabkan keracunan. Sebenarnya taoge itu tidak berbahaya asal cara pengolahannya sudah benar dan tepat, jika tidak ini akan menimbulkan terjadinya keracunan itu sebabkan maka untuk cara pengolahan sebaiknya taoge ini di masak terlebih dahulu. Resiko terjadinya kontaminasi ini munculnya bakteri, namun munculnya hanya bisa tumbuh di iklim lembab yang menjadi salah satu tempat favorite bagi bakteri salah satunya bakteri yang terdapat pada taoge ini. Biasanya munculnya gejala keracunan ini kurang lebih 72 jam setelah anda mengkonsumsi taoge ini dan ini biasanya di tandai dengan adanya diare, mudah hingga kram.

Beberapa cara untuk mencegah terjadinya resiko keracunan dalam mengkonsumsi taoge
1. Sebaiknya jika memasak taoge pastikan masak dengan matang
2. Jika anda ingin member taoge pastikan taoge tersebut masih dalam keadaan segar yang di simpan pada lemari es
3. Pilihlah taoge yang tidak berlendir atau jangan memilih taoge yang baunya sudah tidak sedap
4. Jika anda tidak ingin memasaknya langsung sebaiknya jangan di biarkan dalam keadaan suhu panas, anda bisa menyimpannya di lemari es
5. Sebelum mengolah taoge sebaiknya cuci terlebih dalu tangan anda dan pastikan sudah bersih
6. Bagi orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemak, ibu hamil atau sudah lansia sebaiknya jangan mengkonsumsi taoge untuk menghindari resiko yang tidak di inginkan.

Meskipun taoge memiliki resiko tetapi bukan berarti taoge ini berbahaya untuk di konsumsi, hal ini bisa terjadi jika anda salah dalam cara pengolahannya. Jika anda mengolahnya dengan benar anda pastinya mendapatkan beragam manfaat yang terkandung dalam taoge ini apa lagi jika anda mengkonsumsi dalam kualitas yang baik maka tidak mungkin terjadi kontaminasi atau bakteri yang bisa menyebabkan keracunan.